Kondisi Ekonomi

  • Dibaca: 607 Pengunjung

      Dilihat dari tata guna tanah yang dimanfaatkan oleh penduduk Desa Pikat yang sebagian besar adalah lahan pertanian, menunjukkan bahwa masyarakat Desa Pikat mayoritas bekerja sebagai petani. Tanaman yang dibudi dayakan meliputi tanaman buah ( Kelapa) dan tanaman pangan (padi, jagung, Kedelai dan juga mulai mengembangkan dam membudidayakan tanaman rosella dan tanaman jenis toga.

      Selain komoditas pertanian, sebagian penduduk juga bekerja dan mengembangkan sektor industri kecil antara lain pembuatan Tikar Pandan, Gula Merah,dan Pembuatan Tali Ijuk, Selain itu pembuatan mebeler, dan juga bermacam ukiran dari dan Pasir, juga dikembangkan oelh sebagian warga masyarakat Desa Pikat.

      Mengingat pemasaran hasil pertanian relatif dekat maka banyak juga penduduk desa yang berprofesi sebagai pedagang sayur mayur. Mereka memperoleh dagangannya langsung dari petani yang kemudian dipasarkan ke Pasar ada yang dibawa ke luar kota, Disamping itu ada juga pedagang keliling yang menjual hasil bumi dari Desa Pikatlangsung ke konsumen di perumahan-perumahan.

      Selain mata pencaharian diatas, penduduk Desa Pikat  juga berprofesi sebagai PNS,  karyawan swasta, tenaga medis, dll. Sedangkan untuk mendukung usaha peningkatan hasil usaha di bidang pertanian dan usaha penyelamatan lingkungan dimasing-masing Dusun yang ada di Desa Pikat dibentuk kelompok tani dan kelompok ternak sesuai dengan usaha masing-masing yang ada di dalam kelompok masyarakat..

Download Lampiran
  • Dibaca: 607 Pengunjung