Sejarah Desa

  • Dibaca: 1150 Pengunjung

      Desa Pikat adalah 1 dari 12 Desa yang ada di Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung. Kata Pikat berasal dari Kata Mapikat yang berarti Mencari/menangkap burung, menurut cerita/penuturan para tetua di Desa pada Jaman kerajaan di Istana ada salah seorang Keluarga raja yang mempunyai kesenangan Mapikat ( menangkap burung Perkutut) pada suatu hari sebagaimana biasanya pagi-pagi Beliau dengan perlengkapan mapikat sudah berangkat dari istana.

      Dalam perjalanan menuju arah timur sayup-sayup dikejauhan beliau mendengan suara burung perkutut yang sangat merdu. Beliaupun mencari pusat suara burung itu. Yang pada akhirnya sampailah beliau pada suatu Desa tempat burung itu. Kemudian beliau dengan hati hati memasang perlengkapan mapikat diiringi dengan harapan dan doa semoga burung tersebut bisa ditangkap.

      Mungkin karena sudah titah yang widhi dalam waktu yang singkat apa yang menjadi harapan Beliau akhirnya terkabul. Sebagai ucapan puji syukur kehadapan hyang widhi wasa maka tempat/wilayah dimana burung itu tertangkap diberi nama : DESA PIKAT.

  • Dibaca: 1150 Pengunjung